Tuesday, August 28, 2012

Evaluasi Diri


Waduh, tau-tau udah tanggal 28 Agustus. Uhm...berarti ampir 2 bulan blog ini kosong. Bahaya nih!

Baiklah, saatnya menulis kembali ;)

Di kesempatan yang baik ini, ijinkan saya untuk mengawali dengan mengucapkan: ”Selamat Idul Fitri 1433 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Taqobbalallahu Minna Waminkum Taqobbal Ya Kariim.”

Ijinkan pula saya untuk men-share khutbah Jumat yang kemarin saya dengarkan. Temanya: Evaluasi Pasca Romadlon.

1. Evaluasilah diri sendiri. Ga perlu tengak-tengok orang lain.
2. Tujuannya: mencapai derajat la’allakum tattaquun
3. Alat ukurnya: mulailah dari rukun iman.
a.        Apakah syahadatain yang sudah diucapkan dengan lisan telah benar-benar kita imani dengan hati dan kita aplikasikan dalam perbuatan? Sudahkah kita menjauhkan diri dari tindak dan perbuatan yang menyekutukan ALLAH SWT? Sudahkah kita menjadikan Rosulullah Muhammad saw sebagai uswatun khasanah?
b.        Apakah shalat yang kita laksanakan sudah laksanakan menjadikan kita tanha ’anil fakhsya’i wal munkar. Ataukah sholat adalah rutinitas yang tiada arti. Sekedar menggugurkan kewajiban?
c.         Zakat? Benarkah hitungan kita? Jujurkan dalam menghitungnya? Ikhlaskah dalam mengeluarkannya? Apakah kita telah tumbuh menjadi pribadi yang bisa lebih berempati pada masyarakat yang kurang mampu atau sami mawon (sebelum puasa)?
d.        Apakah puasa sudah menjadikan kita sebagai muslim yang ”berakhlak puasa”, pasca bulan puasa? Sudah berhasilkah kita mengendalikan hawa nafsu?
e.        Sudahkah haji kita menjadikan kita sebagai seorang yang mabrur? Semakin dermawankah kita? Bisakah kita meredam ego untuk tidak berangkat haji lagi sementara masih ada tetangga yang kekurangan?


Saya mengevaluasi diri. Hasilnya: masih sangat jauh dari derajat la’allakum tattaqun. Namun saya akan terus berikhtiar untuk bisa ke derajat itu. Amiin.

No comments: