Tuesday, December 30, 2008

tentang tanya yang tak harus dijawab


Seseorang yang saya kenal dan mengenal saya, rajin berkirim sms. Bertanya ini dan itu. Saya sebisanya akan menjawab. Hingga datang sms-nya yang ini:

”Who Am I To You? Sahabat, evil, bla...bla..” Seterusnya tidak saya baca. Males!

Rasanya susah sekali, buat saya, untuk tidak mengaitkan ini dengan galau hati yang sedang dialaminya. Ceritanya begini. Seseorang yang saya kenal dan mengenal saya ini sedang dirundung masalah. Ada ”kekisruhan” di lingkungan sekitarnya yang membuat dia terkena getah dan terseret, ikut terkena stempel ”musuh bersama.” Sms-nya kali ini terdengar seperti orang yang berada di tempat yang terang tapi kosong. Dia seperti sedang berusaha memetakan: siapa kawan, siapa lawan.

”Who Am I to you?”. ”Hey, Loe melek ga sih!” teriak saya dalam hati. Marah! ”Setan apa yang membuatmu menuliskan pertanyaan sebodoh itu!”

Sejak awal posisi saya jelas. Saya tidak dalam posisi kawan ataupun lawan. Posisi saya adalah sebisa mungkin melihat semuanya dalam kejernihan hati. Kenapa harus ada ”Kawan dan lawan?”

Buat saya, ada jenis pertanyaan yang tidak harus dijawab. Bisa karena retoris hingga karena memang tidak tahu jawabannya, dan ”Who Am I to you?” adalah salah satunya.

Tadi pagi saya membuka Inbox. Ada sms dari seseorang yang saya kenal dan mengenal saya, ”And I wont ask U anything else.” Saya menerjemahkan sms-nya ini sebagai bentuk dari apa yang saya pahami sebagai bagian proses: dari seseorang yang saya kenal dan mengenal saya menjadi lebih baik (dari itu). Seperti apa, entahlah, let time tell!



PS: maaf jika harus memanggilmu dengan "seseorang yang saya kenal dan mengenal saya" karena Who Am I to You, membuatku kebingungan harus bagaimana memanggilmu seperti apa, sekarang.

1 comment:

Anonymous said...

Lihatkah? aku pucat pasi, sembilu hisapi jerami
Setiap kupeluk dan menangisi hujan pucatnya cemara
yang sedih aku letih

Dengarkah jantungku menyerah, terbelah di tanah yang merah
Gelisa dan hanya suka bertanya pada musim kering
Melemah dan melemah