Thursday, July 5, 2007

Cih! Gombal!

Pernah di-Cih!-in seorang perempuan? Atau minimal dibilang,”Ah gombal loe!” ? Kalau tidak pernah berarti Anda tidak ”seberuntung” sy. Sejak SMA saya seringkali dibilangin,”Kamu tuh ya, ngga nggombal sedetik aja kenapa sih?”. ”Lhoh kapan aku nggombal?” tanya saya pada salah seorang di antara penge-Cap (maksudnya, orang-orang yang suka bilang kalau sy ini Tukang ngGombal). ”Kamu..sadar dong! Masa’ tiap ketemu cewek, pasti bilang, Eh kamu cantik deh!, Eh, udah lama lhoh aku suka kamu, bla..bla..bla..pokoke nggombal abies!” seru teman tadi sedikit ngos-ngosan karena -yach menurut saya sih salah sendiri- ngomong tanpa titik koma, tanpa jeda, yang lumayan lama.

Biasanya, jika berhadapan dengan yang semodel ini saya hanya akan tersenyum. Maklumlah mereka ini, dalam pandangan saya termasuk perempuan sejati. Maksud saya: maunya, dipujiiii...terus! ”Lha itu ya wajar, mana ada cewek yang suka dibilang jelek. Kamu ini mbok ya belajar sana about psikologi cewek!” celetuk teman sekantor saya. Jika sudah begini, sekali lagi, saya akan tersenyum, trus manggut-manggut, (seolah) setuju (padahal tidak, hehehe).

”Kok? Kenapa tidak setuju? Itu kan bener bos!,” tanya seorang teman di kantor, ketika saya menceritakan ini padanya. ”Begini, ini ada reason-nya. Lumayan panjang. Kamu mau ndengerin?” jawab saya sambil bertanya balik. ”Ooh, siap!” jawabnya sambil mengajakku ke sudut ruangan, ”Biar enak ngobrolnya, hehehe,” ujarnya ketika saya menunjukkan keengganan beringsut dari cubicle ”tercinta”.

”Jadi, menurut aku, ingat menurut aku lho, kita itu harus jujur dalam ngungkapin rasa. Ungkapin aja, daripada dipendem, nyusahain diri sendiri” ujar saya memulai penjelasan. ”Ketika kamu bertemu dengan cewek, ingat! hanya dan jika hanya cewek, kamu harus bisa bilang: (1) ”Eh kamu cantik deh!” atau (2) ”Hari ini kamu cakep!” atau (3) ”Hei Cantik..!” and bla..bla.. pokoknya yang enak didengar di telinga. Tapi, ingat, ada tapinya, jika dia memang saat itu cukup pantas untuk dibilang cakep, cantik, dan manis. Saat itu pula, si cewek cukup mampu menggelisahkan hati, membuat kamu susah berpaling, susah tidur, terus memimpikannya dan sejenisnya. Tapi..,” terang saya, yang kemudian mesti terhenti karena terpotong protesnya, ”Oh, kalo yang itu mah ane juga paham bos! Wah, percuma dong kita mojok gini. Maksud ane, kenapa tadi ga setuju! Bukannya ini poinnya sama saja ama si Anu tadi!”. ”Makanya, jangan dipotong dulu! Ini bedanya: Tapi, ini tolong dicatat, di-bold, digaris bawahi dan dikasih tanda seru, jika si cewek, pada saat kamu bertemu, cukup pantas untuk dibilang: (1) ”Duh, kamu ngga banget deh, say!” atau (2) ”Kamu kok ngga secantik kemaren sih?” atau..apalagi ya, yach pokonya yang sejenis itulah, kamu juga harus berani ngungkapin (rasa) ini. Paham?” ujar saya. ”Waduh, berat bos, berat..!” sahutnya spontan.

”Tapi kamu paham kan bedanya?” tanya saya sambil beranjak dari tempat mojok tadi. ”Iya sih bos, cuman ya, berat bos!” jawabnya sambil menggigit-gigit penanya. ”Memang berat, maklumlah, mostly, cewek emang sukanya cuman dipuji. Jarang banget yang doyan dikritik penampilannya. Akibatnya, orang-orang kayak kamu, yang males bermasalah dengan cewek, bisanya cuman muji doang. Kalo itu sih, beneran gombal. Beda kan dengan aku, kalo cantik ya dipuji, kalo ancur ya, bilang aja ancur! Cuman, memang, masalahnya, cewek tuh ya emang mbingungin: Dibilang cantik, dikiranya nggombal! Dibilang jelek, di-cap-nya kita ngga ngertiin cewek,” terang sy lagi. ”Tapi bos, kok orang-orang bilang, sorry nih ya, bos nih Tukang ngGombal? Berarti bos emang ga pernah njelek-kin dong? Bisanya cuman muji doang dong?” berondongnya.

”Oh itu, itu beda masalah. Begini, sudah khasnya manusia kalo ngga mau disaingin. Kalo bisa jangan ada orang lain yang lebih darinya, salah satunya lebih cantik atau cakep dari dirinya. Nah, aku kan suka sebar pujian, tanpa pandang nama. Mungkin, ini mungkin lho, misalnya, ketika hari ini si A kubilang: Kamu cantik deh! si A trus ngerasa kalo dia tuh paling cantik se dunia ato bahkan, ini yang parah, aku suka dia. Tapi, tak seberapa lam dia ndenger aku muji si B: Hei, kamu cakep banget! Nah, si A, yang sebelumnya sudah ngerasa yang tidak-tidak, tidak bisa ”menerima” aku muji si B, akhirnya di-cap-nya lah aku sebagai Tukang NgGombal, padahal kan tidak!. Mengapa? Karena menurutku baik si A maupun Si B emang saat itu, keduanya terlihat cantik. Apa salah muji orang?” jelas sy setelah sampai di cubicle. ”Terus.., manusia juga punya sifat suka lupa. Terutama sama yang namanya kritik. Jadinya, waktu aku ngomong yang ”jelek-jelek” tentang penampilan, semisal di hari yang berbeda aku ngomong ke si A dan si B: Duh kamu biasa banget sih hari ini! Nah, si A & si B (mungkin) bakalan ngambek tapi manusia-manusia di sekeliling si A & si B aku jamin tidak akan pernah mengingat ini. Yang mereka ingat cuman waktu aku bilang ke si A: Hei Kamu cantik deh!. kemudian ke si B: Eh, kamu cakep banget hari ini! Jadi...repot kan?” lanjut sy

”Waduh, tapi kok menurut ane, situ tetap aja salah bos! Nyebar pujian kan bisa bikin Ge-eR?” protesnya. ”Lha salah sendiri Ge-eR?” ujar saya membela diri. ”Ih, ke-Ge-eR-an! Dasar Egois! Sadar dong! Ngaca sana, tampang bandel gitu kok! Siapa pula yang percaya?” sengit seorang teman perempuan di kubik depan yang membuat sy cuma bisa mengeluh, ”Mak.., salah tampang nih! Huhuhu...”

1 comment:

Anonymous said...

huahahahahahhahahahah.............