Friday, November 15, 2013

Short chapter#3


Hari ini, sampai di subuh yang sama. Aku masih menunggu..

==
Pukul 2 pagi, di warung burjo kuhabiskan menu sahur puasa 10 muharram-ku: segelas teh manis hangat, sepiring nasi berlauk telur setengan matang dan orek tempe.
Bakda Subuh, aku tidur. Mataku sudah sangat pedes. Ini subuh 10 Muharram. Tapi ini subuh yang sama. Aku menunggu.

Weker membangunkanku pada pukul 7. Bakda dluha, kulajukan sepeda motor ke Direktorat Akademik. Ada KTM yang harus diambil. Namun, aku tidak beruntung. Ada kesalahan, fotoku ketlingsut. ”Jumat siang, minggu depan, kesini lagi Mas,” ujar bapak-bapak petugas di DA, datar tanpa ekspresi, setelah aku menyerahkan foto pengganti. Jika tidak ingat sedang puasa dan mbak manis di ujung meja sebelah, aku pasti sudah muni-muni.

08.15, kulajukan sepeda motor ke arah UNY. Dagangan mesti dibayar. Namun, kembali aku tidak beruntung. Miskomunikasi. Ada kelebihan pemesanan, dan itu mesti aku tanggung. Fyuh, sempat berpikir bahwa hari ini adalah my bad day. Sabar, sabar...mungkin ini yang namanya: cobane wong poso.

09.30, aku sudah selesai memarkir motor di parkiran fakultas. Hari ini ada 1 sesi kuliah. Sepanjang kuliah aku berusaha untuk menangkap materi, tapi aku ngantuk...

13.30, setelah dluhur, aku kembali ke ruang kuliah. Besok, aku –dan partnerku- presentasi. Ada materi yang mesti disiapkan. Di luar, langit mengubah mendung menjadi gerimis..kemudian...hujan. Ah, sore ini sepertinya tak ada langit jingga...

16.30, hujan masih mengguyur deras ketika motorku terperangkap dalam kemacetan di depan kampus. Tapi, entah mengapa, aku senang sekali. Rasanya sudah lama aku tidak terperangkap dalam hujan dan kemacetan. Kombinasi sempurna yang dulu lekat denganku selama bekerja di Jakarta. Dan, sepertinya ALLAH Ta’ala memang baik, kombinas itu menjadi semakin sempurna: motorku ngadat. Kampus-kos yang biasanya hanya 3-5 menit menjadi lumayan panjang: 30 menit. Sore ini, aku kuyup...

Malam ini aku menunggu. Mungkin tidak sampai pagi karena besok aku –dan partnerku- mesti presentasi. Mungkin pula yang terakhir karena minggu depan aku ada UTS...

00.00. Aku mendongak ke atas, menarik napas...you can’t always get what you want, meskipun itu niat baik...ya, mungkin hari-hari belakangan ini adalah chapter pendek, dimana aku hanya bisa berucap: ”Bismillah saja”.

No comments: