Wednesday, November 27, 2013

obrolan imajiner, unrequited love, absurd, dan BI rate



==
obrolan imajiner

Mas, mas. Kenapa ya, kok gue ngerasa kalo hidup gue sepertinya penuh tekanan.
eLo sih, kebanyakan gaya. Ingat bung, menurut ilmu fisika, tekanan berbanding lurus dengan gaya. Jadi kalo eLo ngerasa hidup eLo banyak tekanan, mungkin karena eLo memang kebanyakan gaya.
Gitu ya mas?
Ya iya lah.
Ehm, tanya lagi mas..!
Tanya-o. Mumpung gue lagi baek.hehehe..
Gimana ya caranya biar ga kebanyakan gaya?
Lhoh siapa bilang eLo mesti ngurangin gaya!
Lha itu tadi kata mas, gue kebanyakan gaya. Piye to mas?
Iya bener. eLo mungkin kebanyakan gaya. Mungkin –ini mungkin lho!- emang udah maunya ALLAH Ta’ala, nyetak kamu jadi orang yang kebanyakan gaya. Tapi eLo juga mesti inget, ALLAH Ta’ala itu nda pernah bikin sesuatu itu sia-sia. Nah tugas kamu adalah membuat area penerimaan gaya yang lebar dan luas. Kalo perlu seluas lautan.
Maksudnya?
Duh, eLo nih, fisika sederhana gini aja ga ngerti! Lha yang itu tadi. Tekanan emang berbanding lurus ama gaya, tapi tekanan itu kan berbanding terbalik dengan alas penampang. Mau sebesar apapun gaya, tapi eLo bisa buat itu gaya ngga berubah menjadi tekanan yang berat. Syaratnya, eLo mau menerima gaya itu dengan area penerimaan yang lapang. Area itu namanya, ”Hati.”
Oh...bener juga!
Ya pasti bener lah! Catet, dan inget ini baik-baik. ALLAH Ta’ala itu ndak akan kasih eLo cobaan/ujian, yang eLo ndak bisa atasin. Ngerti Lo! Udah ah, gue laper, traktir ya!
Siap! Laksanakan!!

==
Unrequited love..

Pernah ditolak ga?
Ditolak, itu rasanya ada yang koyak. Itu nyangkut, ”dignity.”
Pernah nolak ga?
Nolak, itu sesuatu banget. Kamu bakalan haunted, ”feeling guilty.”
Beda, tapi percayalah, sakitnya sama.

==
Absurd(?)

Kamu jangan sakit. Kalo kamu sakit, lantas siapa yang akan nyakitin aku? == halus, tapi dalem.. *sarkasme (?)
Aku ini sotoy. Sok kuat padahal di dalemnya lemah. Actually, I’m pretty stupid. == *trus kenapa kita ga bisa menjadi recycle bin? Kamu dan aku, saling berbagi ”sampah”

Ah, somehow merasa lega after talk about this with you == *Lega ya. Meskipun akan sakit, tapi itu much better. Emang bener, rain can’t wash away, tapi percayalah time will healing. Harusnya, emang perpisahan itu diucapkan baik-baik ya. Tidak dengan memalingkan muka. Tidak dengan membuat salah satu dari kita ”mendadak paranormal.” Tidak dengan ngirim request melalui bahasa sandi yang tidak jelas. Apalagi dengan tiba-tiba kirim surat undangan kawinan...! hahahaha.... kayaknya memang harus banyak-banyak ketawa biar tetep sober.

Hey, what I am to you?
Kenapa (seolah) hanya aku yang harus nanggung rasa sakit dan bersalah ini?
Sakiiit tau!


===
wis, diakhiri saja yang absurd-absurd. Uda baca headline kolom bisnis media nasional seminggu terakhir ini? Ini saatnya rezim moneter ketat. BI rate naik jadi 7.25. Nih, I kasih tau you dampaknya (yang berkaitan langsung ama kite-kite, penyimpen dana kecil :D ) :  
  • suku bunga perbankan, baik tabungan maupun pinjaman akan naik. Jadi, jangan kaget kalo bulan depan bunga tabungan ente nambah. Emang maunya begitu, biar masyarakat pada nabung (di bank), biar uang yang beredar turun. Oya, kalo ente berniat utang bank ato lagi punya KPR yang floating, siap-siap aja kalo tiba-tiba cicilannya melonjak. Haloo...emang bank dapet duit darimana kalo ga dari selisih bunga... 
  • kredit yang disalurkan turun. Kalo bunga pinjeman naik, logikanya, masyarakat yang mau pinjem duit ya turun. Tapi kalo ente tetep mau pinjem duit. Hitung dan hitung lagi, pastiin ente sanggup bayar cicilannya. 
  • harga aset, seperti saham dan obligasi turun. Ehmm, daripada maen saham yang risky, mendingan taruh di deposito atau tabungan. Ingat, kan sekarang bunganya udah lumayan gedhe ( > 7.25% /th).
  • investasi berpotensi menyusut. Alasannya sama dengan kredit yang disalurkan turun, cuman dibolak-balik saja. Ceritanya dana kite cekak, trus mau expand invetasi. Jual Warisan? Iya kalo punya! Nunggu menang lotere? Ngarep! Pilihan yang reaslistis ya pinjem bank. Masalahnya, kalo, bunga tinggi, kan kitenya jadi ogah pinjem duit ke bank. So, ga jadi deh expand investasi. 
  • konsumsi masyarakat menurun. Daripada belanja, mendingan ditabung. Aman and dapet bunga yang lumayan gedhe. Hemat pangkal kaya bung! :D 
  • pertumbuhan ekonomi turun. Investasi turun, akibatnya sektor riil ga bergerak dong. Ga ada yang kerja buat kasih output. Teorinya, pertumbuhan ekonomi yo melambat 
  • inflasi turun. Orang-orang pada rajin nabung. Duit yang beredar turun. Permintaan turun, harga barang jadi turun. Inflasi turun. Masalahnya, kalo inflasi turun, pengangguran naik bos. Trade off!

selain itu, ada lagi nih dampaknya:
  • nilai tukar rupiah terapresiasi
  • ekspor berpotensi turun
  • impor terdorong naik

yang tiga ntu (8-10), I males nulis penjelasannya. Kalo sempat, baca deh buku-buku macroeconomics. Oya, yang penjelasan 1-7 itu juga jangan ditelen mentah-mentah, di cross check dulu. Kali ada yang kleru, en sekalian tolong dibenerin. :D

No comments: